Sejarah

Berawal dari Panti Berkonsep Pesantren

Pondok Pesanten Modern Al-Mumtazah Muhammadiyah Ajibarang, Banyumas didirikan pada tanggal 16 Juli 2016. Secara historis, pendiriannya tidak dapat dipisahkan dengan upaya pengembangan Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang, yakni sebuah panti asuhan berbasis pesantren yang dirintis pada tahun 2008. Saat itu ketua panti asuhan adalah Bpk. Kusnaeni Achmad, S.Pd., sedangkan sebagai pengasuh adalah Ust. Muhammad Syamsudin, S.Ag. M.Pd.

Setelah panti asuhan berbasis pesantren tersebut berjalan selama 8 tahun (2008-2016), tercetuslah keinginan untuk mengembangkan pendidikan yang lebih banyak muatan Bahasa Arab dan agamanya dengan merintis pendirian Pondok Pesantren Al-Mumtazah, bekerja sama dengan SMP Muhammadiyah Ajibarang yang saat itu kepala sekolahnya adalah Bapak Riswanto S,Pd.  Santri angkatan pertama (tahun pelajaran 2016-2017) adalah santri Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang putra dan putri yang saat itu berjumlah 20 santri  dan 8  orang santri dari jalur mandiri (non panti). Dari jumlah itu, sampai dengan kelulusan kelas 9 tersisa sebanyak 20 orang santri dengan rincan 12 orang santri anak panti asuhan dan 8 orang santri dari jalur mandiri (non panti). 

Selama 4 tahun pondok Pesantren Modern Al-Mumtazah Muhammadiyah Ajibarang bertempat di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang, pesantren telah banyak mendapatkan dukungan dan bantuan dari panti asuhan berupa asrama santri, ruang belajar, tenaga pengasuh dan pengajar, bahkan bantuan keuangan.

Berikut ini adalah susunan kepengurusan pondok pesantren di awal pendiriannya:

  • Direktur Pesantren : Muhammad Syamsudin, S,Ag M.Pd
  • Sekretaris : Nino Sutrisno & Farid Hidayatullah S.Pd
  • Bendahara : Arif Nugroho SE & Rizky hamdan Rohani
  • Kepengasuhan : Daryanto, ¬†SH

Setelah berjalan selama empat tahun (2016-2020), selama itu pula santri masih tinggal satu asrama dengan anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang putra. Pada tahun 2020, Pondok Pesantren mendapatkan tanah di a Grumbul karangkemiri RT 01 RW 07 Desa Banjarsari Kecamatan Ajibarang. Tanah yang kurang lebih seluas 1.800 M2 itu separuhnya merupakan pembelian dan separohnya lagi merupakan wakaf dari Bapak. H. Kusyairi (Pimpinan Ranting Muhammadiyah Banjarsari).

Sampai saat ini, Pondok Pesantren modern Al-Mumtazah Muhammadiyah Ajibarang telah meluluskan alumni dengan rincian sebagai berikut :

  • Alumni angkatan 1 (2019) sebanyak 20 santri
  • Alumni angkatan II (2020) sebanyak 16 santri
  • Alumni angkatan III (2021) sebanyak 18 santri  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *